SEJARAH PEMBANGUNAN DESA

  17 April 2017  |  DESA SINGOLATREN

Pembangunan Desa Singolatren sebenarnya telah mulai sejak awal berdirinya desa singolatren, meski pada awalnya bersifat kekeluargaan, namun karena rasa solidaritas yang tinggi serta rasa kekeluargaan yang erat maka pemerintahan Desa bisa berjalan dengan baik, meskipun segala sesuatunya dikerjakan secara tradisionil dan manual.

Tradisi menjalankan Pemerintahan Desa dirumah kepala desa yang terpilih terus berlanjut hingga tahun 1964. Dimasa pemerintahanyang dikepalai oleh H. Abdullah Sa’I ( Hos Jojomulyo ) pada tahun 1974 Kantor Kepala Desa Dibangun Permanen. Yang terletak disebidang tanah di Dusun Wijenan Lor. Semenjak itu roda pemerintahan dan aktivitas desa dilakukan di kantor desa yang baru selesai dibangun.

Lalu Desa Singolatren berkembang menjadi 7 Dusun sebagai wujud dari kemudahan dalam menata kondisi sosial masyarakat dalam pelayanan ataupun guna untuk mempermudah dalam mengordinir dan membangun desa yang terdiri :

  1. Dusun Krajan
  2. Dusun Wijenan kidul
  3. Dusun Wijenan Lor
  4. Dusun Pengastulan
  5. Dusun Cermean
  6. Dusun Blumbang
  7. Dusun Andong

Dari Tujuh dusun itulah kemudian Desa Singolatren terus melakukan perubahan – perubahan ke arah pembangunan Desa terutama lahan pertanian yang memang menjadi kebutuhan dan kehidupan sehari – hari secara khusus dan secara umum Banyuwangi yang memang merupakan lahan pertanian yang besar di Jawa.

Untuk menelusuri asal muasal Desa Singolatren sangat sulit, karena sabagian sesepuh desa yang mengerti asal usul desa Singolatren dan siapa pendirinya sudah meninggal Dunia dan sebagian sudah lupa karena Usia (pikun)

Namun ada sebagian masyarakat yang meyakini pendiri desa Singolatren yaitu : Buyut Singoniti yang sampai sekarang masyarakat Dusun Krajan khususnya mengeramatkan makamnya yg terletak di Ujung timur Dusun Krajan.

Contact Details

  Alamat :   Kantor Desa Singolatren - Jalan Songgon Nomor 113 Kode Pos 68464
  Email : pemdes_singolatren@gmail.com
  Telp. : 0823337601812
  Instagram : Singo 09
  Facebook : https://www.facebook.com/search/top/?q=pemdes%20singolatren
  Twitter : -


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi