SEJARAH DESA

  11 April 2017  |  DESA SINGOLATREN

Desa Singolatren adalah sebuah desa yang terdiri dari 7 ( Tujuh ) dusun ,28 Rt dan 12 Rw. Desa Singolatren terletak kurang lebih 20 Km dari Kota Kabupaten Banyuwangi ke arah selatan. Dari letak geografis Desa Singolatren adalah daerah pertanian padi.Masing-masing dusun dibatasi oleh hamparan persawahan .Masyarakat desa ini cukup damai dan religius.Tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemerintahan dan pembangunan cukup baiki,terbukti pada setiap pelaksanaan Pemilu dan lain lain cukup antusias.

Dari data dan informasi yang berhasil dihimpun oleh Pemerintah Desa Singolatren dari para sesepuh dan tokoh masyarakat ,asal mula nama Desa Singolatren adalah sebagaimana paparan berikut ini :

Riwayat asal mula Desa Singolatren erat kaitanya dengan perjalanan seorang pejuang Blambangan masa lalu yang sangat terkenal yaitu : Tawang alun.

Pada suatu ketika seorang yang bernama Tawang alun sedang bertapa/bersemsedi di kaki gunung raung,tepatnya di Rowo bayu ( Kecamatan Songgon ) Dalam pertapaanya tersebut beliau mendapat ilham yang berbentuk suara ,agar Tawang alun segera berjalan kaki kearah timur ,dan jika menemukan seekor singa yang berbulu putih agar dinaiki dan menuruti arah perjalanan Singa tersebut .Jika singa tersebut berhenti disuatu tempat maka beliau diperintahkan untuk mendirikan kerajaan di Daerah tersebut.

Maka tawang alun pun berjalan ke arah timur menuruti petunjuk yang didengan lewat suara tersebut.Sampai disuatu tempat Tawang alun berhenti Karena melihat seekor singa yang sedang berada di kubangan Lumpur, tanpa rasa takut dan dengan sigap tawang alun segera menaiki singa tersebut   Tanpa perlawanan Singa  tersebut membawa Tawang alun kearah utara menyusuri semak belukar sampai disuatu tempat Singa pun berhenti dan kemudian Menghilang.

Ahirnya ditempat tersebut Tawang Alun pun mendirikan Kerajan dan tempat tersebut sekarang dikenal dengan Nama Desa Macan Putih

Sedang asal mula Nama Desa Singolatren diambil gabungan  nama Singa yang Berlumpur. Singolatren terdiri dari dua suku kata SINGO dan LATREN ,Singo adalah Singa atau Macan sedangkan Latren adalah dalam bahasa jawa / osing Lumpur.Singolatren adalah Singa yang ada dikubangan Lumpur.

Contact Details

  Alamat :   Kantor Desa Singolatren - Jalan Songgon Nomor 113 Kode Pos 68464
  Email : pemdes_singolatren@gmail.com
  Telp. : 0823337601812
  Instagram : Singo 09
  Facebook : https://www.facebook.com/search/top/?q=pemdes%20singolatren
  Twitter : -


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi